Minggu, 07 Mei 2017

Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya

Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya - Siapa sih yang tidak mengetahui legenda dari Sumatra Barat mengenai seorang anak yang durhaka kepada ibunya kemudiam dikutuk menjadi batu. Ya, benar sekali itu adalah legenda Malin Kundang. Legenda malin kundang tepatnya berasal dari provinsi padang sumatra barat Indonesia, dimana dari legenda tersebut terdapat batu yang menyerupai seseorang yang sedang sujud beserta dengan puing-puing dari sisa kapal laut megah yang berserakan miliknya. Cerita rakyat ini berisi kisah seorang pemuda yang berasal dari keluarga tidak mampu yang dahulunya hanya tinggal bersama ibunya. kemudian pemuda tersebut meninggalkan ibunya karena ingin merantau atau berkelana mencari nafkah serta bekerja dengan saudagar kaya-raya dikapal laut. Namun, saat malin kundang telah sukses dan kaya-raya, malin tak mau mengakui ibunya sendiri.
http://www.katabijakpedia.com/2017/05/contoh-narrative-text-tentang-malin-kundang-terbaru-serta-artinya.html
Google Image: Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya
Akhirnya ibunya yang merasa sakit hati atas perbuatan malin kundang mengutuk anaknya malin menjadi Batu. Seiring dengan berkembangnya zaman, Legenda dari Malin Kundang pun diolah menjadi seperti drama, cerpen, bahkan sinetron. Selain itu, didalam dunia pendidikan khususnya bahasa inggris, siswa sering diberi tugas oleh guru untuk menceritakan kembali sebuah cerita atau biasa dikenal dengan storytelling. Tentunya sebelum bercerita atau Storytelling, siswa harus mengetahui bagaimana isi dari cerita yang akan ia bawakan tersebut. Agar mudah, siswa haruslah memilih cerita yang pendek tentunya. Selain itu juga , Cerita Malin kundang merupakan salah satu contoh narrative text (teks naratif). Malin kundang merupakan salah satu cerita rakyat atau biasa disebut dengan mitos (myth), atau legenda (legend) atau cerita rakyat yang hampir dipercayai oleh semua kalangan dan usia yang mengetahui cerita tersebut. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ulasan mengenai Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya.

Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya


" MALIN KUNDANG "

Once upon a time, lived a diligent and smart boy named Malin Kundang. He lived in the seashore with his old mother. They lived harmonious and quite happy although lived in the poorness.

One day, a big ship moored to the beach near Malin's village. People from the big ship asked peoples to join and work in their ship because they would go to the cross island. Malin Kundang was interesting, he wanted to join with the big ship because he wanted to improve life quality of  his family. But, The mother worried to Malin, so Malin didn't get the permission from mother. Then, Malin still kept his arguments up until his mother said yes. Finally, he joined and sailed with big ship.
After five years later, Malin Kundang became rich Merchant because he success on the Inter- Island trading. After that, he married with beautiful daughter from another rich merchant. Then, he came back to his village with his beautiful wife. His wife didn't know Malin's real family and descent. Hearing this good news, Malin's mother ran quickly approached Malin with happiness. She brought a plate of Bika cake because Malin very loved it. But, what she get, Malin acted never know who she is. Malin didn't recognize that old woman as his poor mother, and then he kicked the Bika cake which brought by Malin's mother until broke in pieces.
The mother was very broken heart because Malin seditious with she, the woman who had growth and born him to the world. Then, his mother said that if he was not her malin, he would go with happiness. But, if he was truly her Malin, she cursed Malin to be a stone.
Suddenly, the big ship of Malin Kundang was vacillated by a Big rain and storm. It made all of his crew in the big ship tossed aside out. Malin realized that was his mistake that seditious his mother. Thunder came to his big ship and the ship broke in many pieces. Several pieces come to the malin's village. Finally, her mother found Malin Kundang bowed down and he became a stone.


Artinya dalam bahasa Indonesia
" MALIN KUNDANG "
Suatu hari, hiduplah seorang anak yang rajin dan pintar bernama Malin Kundang. Dia tinggal di daerah pantai dengan ibunya yang tua. Mereka hidup harmonis dan cukup bahagia meskipun hidup dalam kemiskinan.

Suatu hari, sebuah kapal besar dan megah berlabuh ke pantai dekat desa Malin. Orang-orang dari kapal besar meminta masyarakat untuk bergabung dan bekerja di kapal mereka karena mereka akan pergi berdagang  antar pulau. Malin Kundang sangat tertarik, ia ingin bergabung dengan kapal besar itu karena ia ingin meningkatkan kualitas hidup keluarganya. Tapi, Ibu Malin khawatir dengan  Malin, sehingga Malin tidak diberikan izin oleh ibunya. Kemudian, Malin masih terus argumen sampai ibunya berkata ya. Akhirnya, ia bergabung dan berlayar bersama  kapal besar tersebut.

Setelah lima tahun kemudian, Malin Kundang menjadi pedagang yang kaya raya karena dia sukses di perdagangan Antar Pulau. Setelah itu, ia menikah dengan putri cantik dari pedagang kaya yang lainnya. Kemudian, dia kembali ke desanya dengan istrinya yang cantik tersebut. Istrinya tidak tahu bahwa keluarga sebenarnya dari Malin dan keturunannya. Mendengar berita baik tersebut, Ibu Malin berjalan cepat mendekati Malin dengan kebahagiaan. Dia membawa sepiring kue Bika karena Malin sangat menyukai kue tersebut. Tapi, apa yang ia dapatkan, Malin bertindak seolah tidak pernah mengenali siapa dia. Malin tidak mengakui bahwa perempuan tua itu sebagai ibunya yang miskin, kemudian dia menendang kue Bika yang dibawa oleh ibu Malin sampai hancur berkeping-keping.

Sang ibu sangatlah merasa patah hati karena Malin durhaka dengan dia, wanita yang mengurusinya sejak kecil dan telah melahirkannya. Kemudian, ibunya mengatakan bahwa jika dia bukanlah malin yang dai kenal, dia akan pergi dari kebahagiaan. Tapi, jika ia benar-benar Malin, dia mengutuk Malin menjadi batu.

Tiba-tiba, kapal besar dan megah Malin Kundang terombang-ambing oleh hujan besar dan badai. Hal itu membuat semua kru di kapal besar itu terpental keluar. Malin menyadari bahwa itu kesalahannya yang durhaka kepada ibunya. Petir datang ke kapal besar dan kapal terbelah dan terbagi-bagi menjadi banyak kepingan. Beberapa potongan datang ke desa malin itu. Akhirnya, ibunya menemukan Malin Kundang sujud dan ia menjadi batu.


Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai Contoh Narrative Text tentang Malin Kundang Terbaru serta Artinya semoga, Semoga bermanfaat bagi anda dan anda bisa menjadikan contoh Narrative Text bahasa inggris diatas sebagi contoh dan acuan anda dalam membuat Narrative Text bahasa inggris.

Dan jangan lupa juga untuk membaca ulasan mengenai Contoh Report Text Singkat About Panda dalam Bahasa Inggris dan Artinya yang dapat memberikan salah satu contoh dari Report Text yang bisa anda gunakan sebagai sebuah acuan anda dalam membuat Report Text. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda, sekian dan terma kasih telah berkunjung di Katabijakpedia.com


EmoticonEmoticon